Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Teknologi

Hujan Musim Kemarau Bakal Guyur Hampir Seluruh Wilayah Jawa Barat di Sepekan

60
×

Hujan Musim Kemarau Bakal Guyur Hampir Seluruh Wilayah Jawa Barat di Sepekan

Share this article
Example 468x60

Jakarta – Hujan lebat berkemungkinan mengguyur wilayah Jawa Barat pada musim kemarau pada kurun 1-7 Juli 2024. Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Jawa Barat memprediksi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang dimaksud bisa saja disertai petir serta angin kencang ke sebagian wilayah.

Pada Senin, 1 Juli 2024, wilayah yang berpeluang turun hujan meliputi Daerah Bogor, Cianjur, Daerah lalu Pusat Kota Sukabumi, Wilayah dan juga Daerah Perkotaan Bandung, Kota Bandung Barat, Pusat Kota Cimahi, Daerah Kuningan, dan juga Daerah Garut. Adapun pada Selasa 2 Juli 2024, hujan memiliki kemungkinan berlangsung di dalam Daerah juga Perkotaan Bogor, Cianjur, Kota juga Perkotaan Sukabumi, Wilayah Bandung Barat, Perkotaan Cimahi, Daerah Bandung, Garut, Kuningan, Sumedang, Kab kemudian Pusat Kota Tasikmalaya, Ciamis, kemudian Pusat Kota Banjar.

Example 300x600

Prediksi cuaca yang dimaksud identik pada Rabu 3 Juli 2024, tetapi daerahnya hanya saja di dalam Daerah Bogor dan juga Cianjur. Sedangkan Kamis 4 Juli 2024, semata-mata di Kota Bogor, Wilayah Bekasi, Karawang, Garut, lalu Sumedang. Sementara kemungkinan hujan sedang hingga lebat pada Hari Jumat 5 Juli 2024 terjadi di Bekasi, Karawang, Subang, dan juga Indramayu. Pada Sabtu, 6 Juli 2024, hujan akan mengguyur Daerah Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cianjur, Garut, Daerah Sukabumi, Wilayah Wilayah Bandung Barat, Wilayah Bandung, dan juga Daerah Tasikmalaya. Pada Ahad, 7 Juli, hujan berpotensi turun di dalam Sukabumi, Kota Bogor, Cianjur, Garut, dan juga Majalengka.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat Rakhmat Prasetia mengatakan, beberapa komponen diprakirakan mempengaruhi status pembentukan awan juga hujan sepekan ke depan di Jawa Barat. Di antaranya suhu permukaan laut dalam sekitar perairan Negara Indonesia bagian barat yang relatif hangat. Kemudian gelombang atmosfer tipe Kelvin serta Equatorial Rossby terpantau bergerak pada sekitar pertengahan hingga akhir pekan. “Labilitas atmosfer secara umum berada pada kategori sedang hingga kuat,” katanya lewat keterangan tertulis, Minggu 30 Juni 2024.

Faktor yang mirip pada sepekan tak lama kemudian terpantau oleh BMKG menciptakan hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat atau ekstrem. Sebaran daerahnya ke sebagian wilayah Wilayah kemudian Daerah Perkotaan Bogor, Perkotaan Depok, Cianjur, Sukabumi, Daerah Bandung Barat, Kota Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Daerah Perkotaan Banjar, Pangandaran. Kemudian juga ke Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Sumedang, juga Daerah Cirebon.

BMKG mengimbau rakyat lalu instansi terkait agar waspada terhadap prospek bencana hidrometeorologis seperti hujan lebat hingga sangat lebat di skala lokal, angin puting beliung, juga hujan es, yang dapat mengakibatkan dampak seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, juga dampak kecacatan lainnya.

Artikel ini disadur dari Hujan Musim Kemarau Bakal Guyur Hampir Seluruh Wilayah Jawa Barat dalam Sepekan

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *