Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Otomotif

Profil Francesco Bagnaia, Pembalap Juara MotoGP Catalunya 2024

96
×

Profil Francesco Bagnaia, Pembalap Juara MotoGP Catalunya 2024

Share this article
Example 468x60

Jakarta – Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia alias Pecco menyatakan kemenangan dalam MotoGP Catalunya 2024 di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Minggu, 26 Mei 2024, sangat penting untuk dia. Kemenangan gemilang ini merupakan kebangkitan Bagnaia pasca ia melakukan kesalahan pada pertemuan Sprint, Sabtu, 25 Mei 2024, ketika ia kehilangan 12 poin pasca tergelincir ke tikungan pertama lap terakhir.

Siapa Francesco Bagnaia?

Francesco Bagnaia, lahir dalam Turin pada 14 Januari 1997. Bagnaia, yang mana akrab disapa Pecco, mengawali langkahnya dalam balap motor melalui kompetisi Minimoto sebelum meraih peringkat Juara MiniGP Eropa pada 2009. Prestasi ini membuatnya direkrut oleh VR46 Riders’ Academy, akademi yang dimaksud didirikan oleh Valentino Rossi.

Example 300x600

Dikutip dari platform web MotoGP, pada 2010, Pecco pindah Kejuaraan CEV yang mana kompetitif ke Spanyol. Di sana, beliau lmenunjukkan potensinya meraih peringkat ketiga secara keseluruhan. Pada 2012, beliau dikonfirmasi kembali untuk kelompok Kompetisi Monlau kemudian mengungguli balapan lainnya, yang mana bermetamorfosis menjadi batu loncatan untuk beliau naik ke perlombaan dunia.

Bagnaia memulai debutnya di Kejuaraan Global Moto3 pada 2013 dengan Tim Italia FMI, berpasangan dengan Roman Fenati. Tahun berikutnya, ia bergabung dengan Sky Racing Team VR46 yang mana baru dibentuk juga mengendarai KTM. Pada 2015, Bagnaia menghadapi tantangan baru bersatu Aspar Team Mahindra lalu mengakhiri tahun sebagai peserta balap Mahindra terbaik lantaran kerap bersaing ke podium.

Pada 2016, ia meraih kemenangan pertamanya dalam Assen kemudian kemenangan kedua di dalam Sepang, yang tersebut semakin mengukuhkan posisinya di dunia balap. Pada 2017, Bagnaia naik ke kelas Moto2 dengan Sky Racing Team VR46. Pada musim debutnya, ia dengan segera dinobatkan sebagai Rookie of the Year berkat beberapa podium yang mana diraihnya. Pada 2018 menjadi tahun berprestasi bagi Bagnaia, dengan 8 kemenangan dan juga 12 podium yang digunakan membawanya meraih peringkat Juara Planet Moto2.

Pada 2019, Bagnaia naik kelas MotoGP bersatu Pramac Racing. Meskipun tahun pertama di dalam kelas utama cukup menantang, ia menunjukkan potensinya dengan meraih sikap keempat ke Australia. Pada 2020 berubah jadi tahun yang penuh dinamika. Ia meraih podium pertamanya di GP San Marino kemudian hampir meraih kemenangan balapan di dalam trek yang dimaksud serupa sepekan sebelum tergelincir.

Dikutip dari platform web Ducati, pada 2021, Bagnaia bergabung dengan pasukan pabrikan Ducati Lenovo. Dia menunjukkan performa impresif dengan meraih tiga podium kemudian satu pole pada empat putaran pembukaan. Kemenangan debut MotoGP didapat di dalam Aragon pasca persaingan dengan Marc Marquez, dihadiri oleh dengan kemenangan di Misano. Meskipun gagal meraih gelar kejuaraan akibat kecelakaan di dalam Misano, ia mengakhiri tahun dengan dua kemenangan di dalam Portimao kemudian Valencia, menempati sikap kedua pada klasemen keseluruhan.

Musim 2022 dimulai dengan lambat bagi Bagnaia, namun ia mencoba melejit ketika separuh kedua musim. Setelah kemenangan fantastis pada GP Spanyol lalu Mugello, Bagnaia terus menambah poin serta akhirnya meraih gelar kejuaraan Juara Bumi pertamanya dalam Valencia. Prestasi ini menjadikannya peserta balap Italia pertama yang mana mengungguli Kejuaraan Global MotoGP dengan motor Italia sejak Giacomo Agostini pada 1972.

Pada 2023, Bagnaia memakai nomor 1 serta menunjukkan dominasinya sejak awal dengan kemenangan dalam Sprint pertama kemudian GP Portugal. Meskipun mengalami kecelakaan di dalam GP Catalunya, ia pulih dan juga terus bersaing ketat dengan Jorge Martín. Bagnaia akhirnya mempertahankan penghargaan juara dengan kemenangan di dalam Valencia.

Artikel ini disadur dari Profil Francesco Bagnaia, Pembalap Juara MotoGP Catalunya 2024

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *