Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kesehatan

Jangan Salah Beli Perhiasan, Hal ini Perbedaan Emas Putih dengan Perak

62
×

Jangan Salah Beli Perhiasan, Hal ini Perbedaan Emas Putih dengan Perak

Share this article
Example 468x60

JakartaEmas putih dan juga perak adalah dua logam mulia yang digunakan rutin digunakan di perhiasan. Namun begitu, keduanya miliki perbedaan yang tersebut signifikan.

Emas putih sebenarnya adalah campuran emas murni dengan logam lain, seperti paladium atau nikel, yang memberikan warna putih pada logam. Adapun perak adalah logam mulia yang memiliki warna alami yang dimaksud lebih lanjut terang.

Example 300x600

Dikutip dari Utsav Pedia, emas putih muncul pada 1710 ketika alkemis Johann Friedrich Böttger serta Ehrenfried Walther von Tschirnhaus pada Jerman mulai mengembangkannya. Pada 1752, logam yang menyerupai emas putih dengan lapisan abu-abu diperkenalkan. 

Versi modern dari emas putih yang digunakan kita kenal sekarang baru diciptakan pada 1920-an. Ada dua versi di sejarah emas putih.

Yang pertama mengungkapkan bahwa Belais bersaudara mematenkan formula emas putih pada 1920 dengan mencampur emas, nikel, kemudian seng. Sementara versi lain menyatakan bahwa Karl Richter menciptakan emas putih pada 1915 dengan melebur emas kemudian nikel dengan paladium. 

Seiring dengan kurangnya platinum pasca Perang Global II, pembuat perhiasan mulai menggunakan campuran nikel, paladium, atau seng dengan emas murni untuk menciptakan emas putih dan juga mengubah warna kuningnya bermetamorfosis menjadi putih.

Dikutipr dari Gatsby Jewellery, Perak sudah digunakan sejak sekitar 5000 Sebelum Masehi (SM). Awalnya ini dimanfaatkan untuk menyebabkan wadah makan juga minum dan juga patung kuno, kemudian kemudian berubah menjadi bagian penting di desain perhiasan kelas penguasa. 

Di Mesir Kuno serta Yunani Kuno, perhiasan perak diperuntukkan bagi kelas elit. Sementara di era Tudor, Stuart, lalu Georgia, hanya saja kalangan melawan yang tersebut miliki akses terhadap perak.

Namun, dengan revolusi bidang pada era Victoria, permintaan akan perhiasan perak meningkat pesat, khususnya dikarenakan teknologi produksi massal yang mana berkembang. 

Saat ini perak masih menjadi substansi utama di lapangan usaha perhiasan yang mana diproduksi secara massal, dengan perak murni yang tersebut dicampur dengan tembaga menjadi standar pada pembuatan perhiasan perak. 

Menurut Oxford Gold Group, emas putih adalah logam paduan yang mana terdiri lebih besar dari satu logam. Sebagai contoh, cincin emas putih 18 karat biasanya terdiri dari 75 persen emas warna kekuningan murni lalu 25 persen logam lain seperti nikel, seng, atau paladium. 

Namun, emas putih dengan paduan paladium tambahan bernilai daripada yang terbuat dengan paduan nikel, lantaran paduan yang dimaksud mengandung logam yang tambahan mahal.

Sebagian besar perhiasan emas putih juga dilapisi dengan rhodium untuk menghindari noda. Rhodium, yang dimaksud diantaranya pada keluarga platinum, merupakan logam mulia termahal pada dunia.

Sementara perak terdiri dari 92,5 persen perak murni juga 7,5 persen logam lain seperti tembaga atau nikel. Karena perak murni sangat lembut, pembuat perhiasan rutin mencampurkannya dengan logam lain seperti seng, tembaga, atau nikel untuk meningkatkan kekuatannya. Namun, nikel tidaklah cocok bagi yang dimaksud mempunyai alergi, sehingga tembaga lebih besar umum digunakan pada perak murni.

Emas putih serta perak sekilas terlihat mirip, namun ada beberapa ciri khas yang tersebut membedakan keduanya. Perak cenderung memiliki corak yang tersebut lebih tinggi pada juga berkilau, memberikan tampilan yang digunakan lebih banyak mewah kemudian elegan. 

Perak yang digunakan sudah ada tua mungkin saja mengalami inovasi warna atau patina, yang mana dapat membuatnya memiliki tampilan yang dimaksud tambahan gelap atau kusam. Sementara itu, emas putih biasanya masih mempertahankan kilau putihnya berkat lapisan rhodium yang melindunginya dari noda atau inovasi warna. 

WINDA OKTAVIA

Artikel ini disadur dari Jangan Salah Beli Perhiasan, Ini Perbedaan Emas Putih dengan Perak

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *