Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pertamina Boyong 96 Penghargaan dalam ISRA Award 2024

62
×

Pertamina Boyong 96 Penghargaan dalam ISRA Award 2024

Share this article
Example 468x60

INFO NASIONAL – Pertamina Group berhasil memboyong 96 penghargaan pada event Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2024 yang tersebut diselenggarakan pada Solo, Jawa Tengah, Kamis, 27 Juni 2024. Pertamina Group mendapatkan Kategori Platinum sebanyak 25 penghargaan, Kategori Gold berjumlah 27 penghargaan, Kategori Silver banyaknya 34 penghargaan juga kategori Bronze sebanyak-banyaknya 10 penghargaan.

ISRA 2024 mengusung tema “Confronting Climate Change: Survive to Revive” resolusi untuk mitigasi dan juga atensi terhadap pembaharuan iklim yang dimaksud berkelanjutan. Pertamina sangat konsen dengan lingkungan juga mitigasi pada inovasi iklim. Tema ini pun sejalan dengan tujuan dan juga prioritas acara Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) Pertamina.

Example 300x600

“Tantangan pada menghadapi inovasi iklim ini memang sebenarnya harus kita lakukan mitigasi bersama, salah satunya melalui inisiatif TJSL para pelaku usaha dengan mewujudkan program-program yang tersebut melibatkan masyarakat,” kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup serta Kehutanan RI, Alue Dohong, Ph.d

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan, acara unggulan TJSL Pertamina mengacu pada 3 (tiga) pilar, yakni Ekonomi, Lingkungan, dan juga Sosial.

“Ketiga pilar acara TJSL yang dimaksud dimaksudkan untuk melibatkan warga, menjaga lingkungan juga memberdayakan sektor ekonomi masyarakat, sehingga mereka mampu mengatur sumber daya yang digunakan mereka itu miliki untuk meningkatkan kualitas hidup juga kesejahteraannya,” ujar Fadjar.

Pertamina, lanjut dia, juga mengembangkan inisiatif inovasi iklim dengan melakukan dekarbonisasi lalu transisi energi pada seluruh lini perusahaan. “Pada tahun 2023, realisasi reduksi emisi scope 1 & 2 Pertamina mencapai 124 persen dari target. Pertamina berhasil melakukan dekarbonisasi sebesar 1,13 jt ton C02e dari target 910 ribu ton C02e.”

Sejalan dengan aksi mitigasi tersebut, salah satu acara yang digunakan mendapatkan penghargaan kategori Platinum yaitu Proyek Desa Energi Berdikari (DEB), pada kegiatan ini para Warga diberikan akses energi bersih untuk membantu usaha UMKM yang digunakan dijalankan, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi penduduk di dalam pedesaan pada meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian mereka.

Saat ini acara DEB telah berjalan di dalam 85 program, kemudian mempunyai dampak positif pada 5.413 Kepala Keluarga (KK) didalamnya diantaranya 30 pemukim penerima khasiat disabilitas serta menyumbang pengurangan karbon sebesar 729.127 tonCo²eq/tahun. “Program DEB ini bahkan telah terjadi memberikan multiplier effect melalui peningkatan ekonomi penduduk mencapai Simbol Rupiah 2.8 Miliar / tahun”, ujar Fadjar.

Sebagai pengembangan program, Inisiatif Sekolah Tenaga Berdikari juga mendapatkan penghargaan Platinum, dimana inisiatif ini adalah memberikan edukasi lalu implementasi terkait Daya Bersih di Sekolah Adiwiyata untuk sanggup meningkatkan peringkatnya melalui inovasi-inovasi lingkungan.

Salah satu acara pemberdayaan Pertamina group yang digunakan mendapat penghargaan Platinum pada ISRA 2024 yaitu acara Pertanian Hortikultura ke lahan Gambut yang digunakan merupakan binaan dari RU II Sungai Pakning, dimana acara ini memberikan solusi untuk Komunitas pada Kota Bengkalis untuk sanggup bercocok tanam dilahan gambut juga memanfaatkan energi bersih sebagai energi untuk mesin pompa air.

Dalam event ini, Pertamina Grup juga meraih Spesial Responsibility person of The year versi ISRA Awards 2024, yang dimaksud diraih Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energi Tbk, Julfi Hadi. Pertamina sebagai pemimpin ke bidang transisi energi, berikrar pada memperkuat target Net Zero Emission 2060 dengan terus memacu program-program yang dimaksud berdampak secara langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya yang dimaksud sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di dalam seluruh lini industri serta operasi Pertamina. (*)

Artikel ini disadur dari Pertamina Boyong 96 Penghargaan di ISRA Award 2024

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *