Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Teknologi

BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi hingga Empat Unit di Selatan Jawa juga Barat Lampung

43
×

BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi hingga Empat Unit di Selatan Jawa juga Barat Lampung

Share this article
Example 468x60

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, juga Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan serius dini cuaca sebagai gelombang tinggi yang dimaksud berpotensi terjadi dalam beberapa wilayah perairan pada 30 Juni-1 Juli 2024.

Prakirawan BMKG, Marina Ayu Sulastri mengutarakan pola angin di dalam wilayah Indonesi bagian utara umumnya berpindah dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 4-25 knot, sedangkan ke wilayah Negara Indonesia bagian selatan umumnya melakukan pergerakan dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8-25 knot. “Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna, perairan utara Papua Barat-Papua, Laut Banda, juga Laut Arafuru,” kata Marina melalui penjelasan tertulis, 30 Juni 2024. 

Example 300x600

Kondisi tersebut, menurut Marina, menyebabkan kenaikan gelombang laut setinggi 1,25-2,5 meter yang mana  berpeluang terbentuk pada perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu-Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Aceh-Bengkulu, Selat Sunda bagian barat lalu selatan, perairan selatan Banten-Nusa Tenggara Timur (NTT), Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, kemudian Samudra Hindia Selatan Bali-NTT.

Gelombang laut setinggi 1,25-2,5 meter juga berpeluang berjalan di perairan barat Kepulauan Natuna, Laut Natuna, Laut Jawa bagian timur, Laut Flores bagian timur, perairan Wakatobi, perairan utara Papua Barat, perairan utara Papua, perairan Kepulauan Sermata-Letti (Maluku), perairan Kepulauan Babar-Tanimbar, perairan Kepulauan Kai-Aru bagian selatan, Laut Banda, Laut Arafuru.

Sedangkan, gelombang laut yang lebih besar tinggi di dalam kisaran 2,5-4 meter berpeluang berjalan di dalam Samudra Hindia Barat Lampung, juga Samudra Hindia Selatan Jawa. “Potensi gelombang lebih tinggi pada beberapa wilayah yang dimaksud dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran,” ucapnya.

Untuk itu, kata Marina, BMKG terus-menerus mengimbau komunitas agar setiap saat waspada, teristimewa bagi nelayan yang dimaksud beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan (khususnya terhadap kecepatan angin lebih banyak dari 15 knot juga tinggi gelombang ke berhadapan dengan 1,25 meter), kapal tongkang (kecepatan angin lebih tinggi dari 16 knot serta membesar gelombang ke melawan 1,5 meter), kapal ferry (kecepatan angin tambahan dari 21 knot lalu membesar gelombang di melawan 2,5 meter), kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih besar dari 27 knot juga tinggi gelombang dalam melawan 4 meter).

“Dimohon terhadap masyarakat yang dimaksud tinggal juga beraktivitas ke pesisir sekitar area yang digunakan berpeluang berlangsung gelombang membesar agar tetap selalu waspada,” kata dia.

Pilihan Eitor: Sirkulasi Siklonik, Konvergensi, serta Perkiraan Hujan Lebat BMKG Hari Ini

Artikel ini disadur dari BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi hingga Empat Meter di Selatan Jawa dan Barat Lampung

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *