Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Entertainment

Ayu Laksmi belajar bahasa Jawa demi “Bumi Manusia”

70
×

Ayu Laksmi belajar bahasa Jawa demi “Bumi Manusia”

Share this article
Ayu Laksmi belajar bahasa Jawa demi “Bumi Manusia”
Example 468x60

Ibukota – Musikus, seniman, kemudian aktris Ayu Laksmi ditantang untuk menjiwai karakter perempuan Jawa di film "Bumi Manusia" yang digunakan diangkat dari novel sastrawan Pramoedya Ananta Toer.

Ayu berperan sebagai ibu Minke (Iqbaal Ramadhan) kemudian beradu akting dengan Donny Damara yang dimaksud berperan sebagai suaminya.

Example 300x600

"Ibu Minke adalah perempuan Jawa yang dimaksud sangat bijaksana, yang mencoba untuk tak berpihak pada suami atau anaknya," kata Ayu ketika berkunjung ke kantor berita ANTARA di Jakarta, Rabu.

Selama tiga bulan, pemilik nama lengkap I Gusti Ayu Laksmiyani itu harus menyelami karakter pada film yang mana akan tayang pada 15 Agustus.

Seluruh aspek ia pelajari, diantaranya bahasa Jawa yang digunakan harus dikuasai lantaran sebagian dialognya menggunakan bahasa tempat tersebut.

"Karena saya warga Bali, tentu ada kesulitan. Ada beberapa huruf pada bahasa Jawa yang mana sulit diucapkan bagaimanapun juga telah dilatih," ujar seniman kelahiran 25 November 1967 itu.

Ayu mengaku belum bisa jadi menguasai logat Jawa secara sempurna walau terus mencoba memberikan penampilan terbaik untuk "Bumi Manusia".

Aktris yang digunakan sempat populer di peran genre horor itu berharap film yang dimaksud dibintangi Iqbaal Ramadhan lalu Mawar Eva De Jongh bisa menggerakkan orang-orang untuk kembali mencintai lalu membaca buku pada era digital.

"Saya merasa setiap warga yang dimaksud membaca karya Pak Pram pasti ingin jadi penulis. Harapan saya, dengan film Bumi Orang itu, dapat mengatasi budaya baca dalam Indonesia," katanya.

"Bumi Manusia" adalah buku pertama dari Tetralogi Buru yang mana ditulis ketika Pram mendekam pada pulau Buru. Pram menulis kisah itu ke bekas kertas bungkusan semen sebelum ditulis secara utuh pada 1975.

Novel yang tersebut berlatar belakang kebangkitan nasional pada periode 1890-1918 itu sempat dilarang beredar pada masa Orde Baru.

Film "Bumi Manusia" akan tayang pada 15 Agustus kemudian dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva De Jongh, Sha Ine Febriyanti, Ayu Laksmi, Donny Damara dan juga Jerome Kurnia.

Artikel ini disadur dari Ayu Laksmi belajar bahasa Jawa demi “Bumi Manusia”

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *