Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Otomotif

Cara Merawat Mesin Mobil Transmisi CVT

65
×

Cara Merawat Mesin Mobil Transmisi CVT

Share this article
Example 468x60

Jakarta – Saat ini, teknologi transmisi CVT semakin populer lalu banyak digunakan pada mobil-mobil modern. Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) meripakan jenis transmisi otomatis yang dimaksud dapat mengubah rasio gigi secara otomatis tanpa adanya perpindahan gigi seperti pada transmisi manual atau transmisi otomatis konvensional.

CVT adalah singkatan dari Continuously Variable Transmission yang mana di bahasa Negara Indonesia diterjemahkan sebagai “Transmisi Variabel Kontinu”. Dalam transmisi CVT, bukan ada gigi-gigi seperti pada transmisi manual atau otomatis konvensional. Sebaliknya, CVT menggunakan sabuk juga puli untuk mengubah rasio transmisi dengan lancar serta tanpa rasa sakit ketika mengemudi.

Example 300x600

Keuntungan utama dari CVT adalah kemampuan untuk menyimpan mesin di peforma optimal. Karena CVT mampu secara otomatis menyesuaikan rasio transmisi dengan kecepatan kendaraan, mesin dapat bekerja dengan efisien pada setiap kecepatan. Hal ini memproduksi mobil menjadi tambahan hemat materi bakar kemudian menghasilkan kembali emisi yang digunakan lebih besar rendah.

Selain itu, CVT juga memberikan pengalaman mengemudi yang tersebut tambahan lancar juga nyaman. Dengan tidak ada ada gigi, transisi antara rasio transmisi yang digunakan berbeda berubah jadi lebih tinggi halus, sehingga tidak ada ada kejutan atau rasa sakit pada waktu mengemudi.

Komponen CVT

Dilansir dari suzuki.co.id, beberapa bagian transmisi CVT harus dirawat dengan baik. Komponen-komponen yang disebutkan adalah drive belt, drive pulley, juga outer comp clutch. Penting bagi Anda mengetahui hal-hal ini agar lebih lanjut maksimal pada melakukan perawatan CVT yang tersebut benar. Berikut ini masing-masing penjelasan dari tiap komponen yang mana ada!

a. Drive Belt

Komponen bernama drive belt ini merupakan komponen yang dimaksud tugasnya mentransfer tenaga yang bersumber dari mesin ke roda belakang kendaraan. Prestasi mirip dengan kinerja rantai motor, baik jenis motor bebek serta motor sport. Supaya performa drive belt jadi maksimal.

b. Roller Weight

Komponen selanjutya agar CVT dapat bekerja dengan baik yaitu lantaran adanya roller weight. Dengan gerakannya yang sentrifugal pada saat mesin berputar, menyebabkan CVT beroperasi dengan baik

c. Kampas Kopling Matic

Kampas pada motor matic juga diperlukan pada kinerja CVT. Apabila ingin maksimal di melakukan perawatan CVT, maka gantilah kampas kopling yang digunakan telah menipis. 

Merawat Mesin Transmisi CVT

Dilansir dari laman Daihatsu, berikut tips merawat transmisi CVT mobil agar awet.

– Jangan pakai kendaraan untuk mengangkut beban berat yang digunakan telah ditetapkan.

– Gunakan oli yang tersebut khusus didesain khusus untuk mobil matik.

– Rajin menggantinya agar mesin transmisi CVT tetap terjaga kualitasnya.

– Biasanya penggantian oli pada transmisi CVT disarankan setiap kelipatan jarak tempuh mencapai 30.000 kilometer. Tetapi, apabila Anda tinggal dalam tempat yang mana panas dengan intensitas debu yang dimaksud tinggi, maka oli mobil Anda dapat diganti dengan lebih tinggi cepat.

– Pahami sikap tuas transmisi secara tepat, jangan sampai salah sebab dapat menghasilkan transmisi bermasalah
Kendaraan dengan transmisi CVT memang benar didesain untuk menyeberangi medan yang digunakan lurus lalu lancar sehingga jangan terlalu kerap menyebabkan kendaraan untuk menyeberangi area terjal kemudian menanjak.

– Lekas konsultasikan dengan bengkel resmi kemudian terpercaya apabila ada permasalahan dengan transmisi agar dapat segera ditangani dengan baik dan juga benar.

– Selalu pantau keadaan transmisi lalu mesin kendaraan lainnya agar tak muncul hal yang dimaksud bukan diinginkan semakin memburuk.

– Ikuti saran perawatan yang tersebut telah ditetapkan oleh pabrik.

Artikel ini disadur dari Cara Merawat Mesin Mobil Transmisi CVT

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *