Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kesehatan

3 Cara Cek Nomor Registrasi Ketenteraman Sistem di dalam BPOM, Mudah!

56
×

3 Cara Cek Nomor Registrasi Ketenteraman Sistem di dalam BPOM, Mudah!

Share this article
Example 468x60

Jakarta – Suatu item kosmetik, obat, atau makanan dapat dikatakan aman bila sudah mengantongi izin edar atau nomor registrasi dari Badan Pengawas Solusi dan juga Makanan (BPOM). Sayangnya, pada waktu ini tak jarang ada komoditas yang mana mencantumkan nomor registrasi BPOM palsu. 

Pengecekan produk-produk di dalam BPOM diperlukan untuk memverifikasi keamanannya. Maklum pada saat ini marak komoditas tiruan yang mana dapat membahayakan kesehatan penduduk apabila sampai dikonsumsi pada jangka panjang. Hal inilah yang digunakan menyebabkan setiap penduduk penting mengetahui prosedur untuk cek komoditas pada BPOM, berikut beberapa cara untuk mengeceknya. 

Example 300x600

Mengenal BPOM Secara Singkat

Badan Pengawas Solusi lalu Makanan (BPOM) adalah sebuah lembaga pemerintahan yang dimaksud bertugas mengawasi peredaran bubuk-bubuk serta makanan di dalam Indonesia. BPOM harus menjamin keamanan dari produk-produk yang dimaksud dikonsumsi masyarakat, seperti obat-obatan, makanan, minuman, hingga hasil kecantikan. Lembaga nonkementerian ini bertanggung jawab terhadap presiden melalui menteri bidang kesehatan.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 180 tahun 2017 tentang Badan Pengawasan Jalan keluar dan juga Makanan, BPOM miliki tugas untuk menyelenggarakan pengawasan terhadap obat lalu makanan sesuai peraturan perundang-undangan. Layanan yang mana dimaksud adalah obat, unsur obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, serta pangan olahan. Dengan demikian, BPOM dapat mengatur izin edar produk-produk yang aman dikonsumsi juga bebas dari substansi berbahaya.

Cara Cek Sistem dalam BPOM

Terdapat tiga cara untuk mengecek BPOM suatu hasil apakah di antaranya asli atau palsu. Mulai dari pengecekan manual, melalui platform resmi, ataupun program yang tersebut dapat diambil secara gratis. Berikut beberapa cara cek item di dalam BPOM kemudian langkah-langkah untuk mengaksesnya.

1. Cek Manual BPOM

BPOM mempunyai kampanye nasional untuk mengundang rakyat lebih lanjut peduli pada keaslian kemudian keamanan hasil melalui kegiatan Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan juga Cek Kedaluwarsa). Adapun cara manual untuk mengecek produk-produk bernomor registrasi BPOM adalah sebagai berikut:

– Cek: Pengecekan detail terhadap produk.

– K: Kemasan di keadaan baik atau rusak.

– L: Label informasi hasil harus tertera jelas serta dapat dibaca secara detail

– I: Izin edar sudah ada dimiliki oleh produk-produk tersebut.

– K: Kedaluwarsa belum melebihi batas waktu berlakunya suatu produk.

2. Cara Cek Barang dalam BPOM Melalui Situs

Berikut cara mengecek BPOM hasil melalui portal resminya.

– Buka browser Anda kemudian kunjungi portal BPOM pada laman https://cekbpom.pom.go.id/.

– Klik menu ‘Produk’ serta pilih kategori cara pengecekannya, apakah menggunakan nomor registrasi, nama produk, lalu lain-lain.

– Masukkan kata kunci item berdasarkan kategori yang tersebut sudah pernah dipilih berikutnya klik ‘Cari’.

– Laman akan menampilkan informasi lengkap mengenai suatu produk, meliputi nomor registrasi, detail produk, hingga pendaftar komoditas kemudian tempat produk-produk dibuat.

3. Cara Cek Barang ke BPOM Melalui Aplikasi

Berikut cara cek produk-produk ke BPOM melalui aplikasi:

– Pastikan Anda sudah pernah mengunduh program Cek BPOM di ponsel terlebih dahulu.

– Buka aplikasi mobile kemudian pilih opsi pencarian sesuai kebutuhan. Mulai dari nomor registrasi, nama produk/nama dagang, serta lain-lain.

– Isi Kata Kunci Utama pencarian berikutnya  klik ‘Cari’.

– Sistem akan menampilkan informasi lengkap mengenai suatu produk, meliputi nomor registrasi, detail produk, hingga pendaftar barang juga tempat hasil dibuat.

Cara Lapor Sistem Palsu dalam BPOM

Jika menemukan barang yang dimaksud mencurigakan dijual bebas kemudian mempunyai Nomor BPOM palsu, Anda dapat melaporkannya ke BPOM secara langsung. Berikut cara melapornya:

– Buka browser pada ponsel Anda tak lama kemudian kunjungi web https://ulpk.pom.go.id/.

– Klik menu ‘Form Pengaduan’ sesudah itu isi formulir dengan data yang digunakan tepat.

– Jika sudah selesai, klik ‘Kirim’.

– Laporan Anda akan ditindaklanjuti oleh BPOM sesuai prosedur yang tersebut berlaku.

Pilihan Editor: BPOM Peluncuran Sirup Jalan keluar yang digunakan Aman dari Cemaran Etilen Glikol lalu Dietilen Glikol

VIVIA AGARTHA F | RADEN PUTRI (CW) | POM.GO.ID

Artikel ini disadur dari 3 Cara Cek Nomor Registrasi Keamanan Produk di BPOM, Mudah!

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *