Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Lifestyle

KOWANI sebut pelestarian kebaya dapat gerakkan dunia usaha bangsa

66
×

KOWANI sebut pelestarian kebaya dapat gerakkan dunia usaha bangsa

Share this article
KOWANI sebut pelestarian kebaya dapat gerakkan bola usaha bangsa
Example 468x60

Ibukota – Kongres Wanita Indonesi (KOWANI) mengatakan bahwa pelestarian kebaya yang berubah menjadi salah satu aset kekayaan budaya bangsa dapat menggerakkan perekonomian Indonesia.

"Melalui peringatan tegas Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024, perempuan Negara Indonesia dan juga generasi penerus bangsa dapat terus bersinergi di melestarikan kebaya sebagai salah satu aset bangsa,” kata Ketua Umum KOWANI Giwo Rubianto Wiyogo di pernyataan resmi di Jakarta, Selasa.

Example 300x600

Giwo menuturkan dengan mengenakan kebaya, orang perempuan tidak ada hanya sekali mengartikulasikan dirinya melalui pakaian, namun miliki pemahaman yang mana luas akan identitas bangsanya.

Hal ini berkaitan dengan perekonomian sebab dinilainya kebaya dapat mengintepretasikan keunikan Indonesia sebagai salah satu busana nasional di kancah global. Selain itu, pengenaan kebaya dapat menggaungkan nilai historis dari perjuangan perempuan Indonesia.

“Nilai filosofis kebaya bukanlah belaka sebagai pakaian, tapi warisan budaya tak benda yang melambangkan kesederhanaan, keanggunan, kelembutan lalu keteguhan para perempuan Indonesia,” ujar Giwo.

Maka dari itu, katanya, ia mengusulkan agar pemerintah dapat memanfaatkan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024 sebagai langkah strategis pada mempopulerkan kembali pemakaian kebaya, mulai dari pemakaian kebaya setiap hari Selasa ke sekolah ataupun kantor pemerintahan.

“KOWANI berjanji untuk mengawal anak bangsa pada hal pendidikan, pengetahuan dia terhadap budaya bangsa satu di antaranya memperkenalkan kebaya secara utuh merupakan langkah penting dan juga mendesak, "katanya yang digunakan merangkap jabatan sebagai Penanggung Jawab HKN 2024.

Dengan penyelenggaraan HKN 2024, lanjut dia, maka akan menggaungkan kembali nilai historis dari perjuangan perempuan Indonesi kemudian nilai filosofis kebaya, bukanlah cuma sebagai pakaian tetapi warisan budaya tak benda yang mana melambangkan kesederhanaan, keanggunan, kelembutan serta keteguhan para perempuan Indonesia.

Sebelumnya, KOWANI dikabarkan akan menyelenggarakan Hari Kebaya Nasional Tahun 2024 pada Istora Senayan, DKI Jakarta pada tanggal 24 Juli 2024 sebagai bentuk menjalankan amanat dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Sejumlah kegiatan yang dimaksud akan datang dilaksanakan yaitu lomba kebaya, webinar, bincang-bincang dengan beberapa narasumber terkait, parade kebaya hingga menghadirkan bazaar UMKM.

Artikel ini disadur dari KOWANI sebut pelestarian kebaya dapat gerakkan ekonomi bangsa

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *