Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Internasional

Update Korban Perang Gaza: 28 Tewas di 24 Jam

50
×

Update Korban Perang Gaza: 28 Tewas di 24 Jam

Share this article
Example 468x60

Jakarta – Kementerian Kesejahteraan Wilayah Gaza mengumumkan ada 28 orang yang terdampar tewas pada 3 Juli 2024, di beberapa orang serangan tanah Israel ke Jalur Gaza. Militer Israel menyerang wilayah Nuseirat dan juga Daerah Gaza City.  

Dari total 28 orang yang terdampar tewas, sebanyak-banyaknya sembilan pemukim adalah satu keluarga. Mereka tewas di wilayah yang dimaksud diklaim negara Israel sebagai zona aman juga mengikuti perintah Tel Aviv untuk pergi dari dari wilayah timur Khan Younis.    

Example 300x600

PBB memperkirakan sebanyak-banyaknya 250 ribu penduduk telah dilakukan terdampak perintah negeri Israel agar mengosongkan banyak area di dalam selatan Daerah Perkotaan Khan Younis. Total warga Daerah Gaza yang mana terlatar diperkirakan mencapai 1.9 jt jiwa. 

Setidaknya 37.953 warga terbunuh di konflik Gaza. Bukan cuma itu, ada 87.266 khalayak luka-luka di peperangan yang tersebut berlangsung sejak serangan 7 Oktober 2023. gerakan Hamas diyakini masih menyandera puluhan warga Israel.   

Warga Kawasan Gaza memaparkan tank-tank tanah Israel melegakan tembakan ke rumah-rumah hingga menimbulkan keluarga-keluarga tertahan kemudian tak mampu pergi dari tempat pengungsian. Dalam rapat kabinet pada Minggu, 30 Juni 2024, Utama Menteri negara Israel Benjamin Netanyahu menegaskan kembali posisinya bahwa tidaklah akan ada kemenangan alternatif pada peperangan Daerah Gaza berperang melawan Hamas.   

“Kami berjanji berperang hingga kami semua mencapai objektif – objektif kami yakni menyingkirkan Hamas, membebaskan para sandera dengan aman, melakukan konfirmasi Daerah Gaza tidak ada lagi menjadi ancaman bagi Israel,” kata Netanyahu.    

Beberapa jam pasca komentar Netanyahu persoalan Daerah Gaza tersebut, gerakan Hamas mempublikasi sebuah video yang digunakan memperlihatkan tahapan pembuatan senjata untuk menunjukkan bentuk perlawanan mereka. Rekaman video itu belum diverifikasi Reuters. Video itu menunjukkan anggota organisasi Hamas sedang mempersiapkan hulu ledak anti-tank. Berdasarkan latar belakang gambar pada video itu, rekaman itu mengindikasikan belum lama diambil.

Lebih dari delapan bulan peperangan Gaza, negeri Israel masih menggempur Wilayah Gaza dari udara juga darat. kelompok Hamas pun melancarkan serangan balasan ke militer tanah Israel ke area-area, yang dimaksud militer tanah Israel klaim lebih besar dari sebulan lalu, sedang berupaya meningkatkan kendalinya pada wilayah itu.  

Sumber: aljazeera.com

Pilihan editor: Update Korban Perang Gaza: 23 Korban Tewas pada Serangan Israel

Ikuti berita terkini dari Tempo.co ke Google News, klik di sini

Artikel ini disadur dari Update Korban Perang Gaza: 28 Tewas dalam 24 Jam

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *