Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Lifestyle

Batu Culture Festival 2024 Perkenalkan Budaya ke Anak Muda

65
×

Batu Culture Festival 2024 Perkenalkan Budaya ke Anak Muda

Share this article
Example 468x60

Jakarta – Batu Culture Festival 2024 yang dimaksud diselenggarakan pada 27 hingga 30 Juni 2024. Festival ini berisi berubah-ubah pertunjukan seni juga budaya dinilai mampu berubah menjadi wadah pelestarian budaya dari wilayah Pusat Kota Batu, Jawa Timur.

Penjabat (Pj) Wali Pusat Kota Batu Aries Agung Paewai ke Pusat Kota Batu mengemukakan bahwa kebudayaan adalah identitas yang digunakan akan berubah menjadi warisan bagi anak cucu, sehingga harus dilestarikan yang mana salah satunya melalui penyelenggaraan Batu Culture Festival 2024.

Example 300x600

“Kebudayaan apabila hilang maka identitas negara mengambil bagian hilang. Kebudayaan adalah identitas kita yang digunakan akan menjadi warisan untuk anak cucu kita,” kata Aries pada puncak rangkaian Batu Culture Festival 2024, Ahad, 30 Juni 2024. 

Perkenalkan Budaya pada Generasi Muda

Menurutnya, kebudayaan yang dimaksud ada di wilayah Daerah Perkotaan Batu, wajib diperkenalkan terhadap generasi muda agar tidak ada tergerus zaman. Seluruh pihak diantaranya penduduk Perkotaan Batu, miliki tanggung jawab yang tersebut besar untuk melestarikan lalu merawat kebudayaan.

“Kalau kebudayaan bukan kita jaga juga rawat, juga bukan kita perkenalkan untuk anak cucu kita, maka mereka itu bukan akan mengetahui kebudayaan Perkotaan Batu,” katanya.

Ia menambahkan, penyelenggaraan festival budaya itu diisi dengan bervariasi rangkaian itu, juga merupakan langkah untuk memasarkan peluang yang dimiliki oleh Pusat Kota Wisata Batu. Ajang Batu Culture Festival, juga dinilai mampu menjadi daya pikat para wisatawan yang berkunjung.

“Jangan pernah menyerah untuk memperkenalkan kemungkinan yang dimiliki. Dari hal yang kecil, kita dapat merancang hal yang tersebut besar,” katanya.

Dimulai ketika Pandemi

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Pusat Kota Batu, Sunarto mengemukakan bahwa pelaksanaan Batu Culture Festival yang dimaksud ketiga kali tersebut, menjadi pionir pekan kebudayaan setelahnya masa pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona.

“Kita mulai pada 2022 dalam masa pandemi dengan semangat yang luar biasa, memulai pekan budaya area ke Pusat Kota Batu dengan tajuk Batu Culture Festival,” kata Sunarto.

Sunarto menambahkan, pada 2024, rangkaian Batu Culture Festival 2024 dimulai dengan Gumbinganesia yang digunakan dilaksanakan pada Kamis, (27/6) pukul 19.00 WIB. Gumbinganesia menampilkan atraksi menawan dari kesenian khas Daerah Perkotaan Batu.

Batu Culture Festival, merupakan salah satu bentuk komitmen otoritas Daerah Perkotaan batu pada melestarikan juga memasarkan warisan budaya lokal Perkotaan Batu terhadap generasi muda lalu wisatawan yang digunakan datang ke Daerah Perkotaan Batu.

ANTARA

Artikel ini disadur dari Batu Culture Festival 2024 Perkenalkan Budaya ke Anak Muda

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *