Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Teknologi

Sejarah berdirinya Android lalu perkembangannya hingga sekarang

11
×

Sejarah berdirinya Android lalu perkembangannya hingga sekarang

Share this article
Sejarah berdirinya Android setelah itu perkembangannya hingga sekarang
Example 468x60

Ibukota – Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang mana dirancang untuk perangkat mobile seperti smartphone lalu tablet.

Sistem operasi ini dikembangkan oleh Android Inc pada tahun 2003 oleh empat orang, yaitu Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, serta Chris White di Palo Alto, California.

Example 300x600

Android awalnya dikembangkan sebagai sistem operasi kamera digital yang tersebut mampu terhubung dengan internet, hingga pada akhirnya merek sadar bahwa bursa kamera digital tak terlalu besar juga tidaklah menjanjikan, tak lama kemudian merek beralih fokus ke perangkat mobile.

Perusahaan itu kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005. Peluncuran komersial pertamanya terjadi pada tahun 2008 dengan dirilisnya HTC Dream, yang dimaksud juga dikenal sebagai T-Mobile G1. Sejak pada waktu itu, Android telah lama berprogres pesat menjadi sistem operasi mobile paling populer dalam dunia.
 

HTC Dream atau T-Mobile G1 sebagai ponsel pertama yang mana menggunakan Android platform. (https://www.flickr.com/photos/dorseygraphics)

Awal mula Android terbentuk dari ide untuk menciptakan sistem operasi yang dimaksud lebih lanjut fleksibel juga open-source untuk perangkat mobile.

Google mengawasi kemungkinan besar pada lingkungan ekonomi itu. Untuk mempercepat pengembangan, pada tahun 2007, Google bersatu dengan beberapa perusahaan besar lainnya, membentuk Open Handset Alliance, sebuah aliansi yang tersebut bertujuan untuk memajukan standar terbuka untuk perangkat mobile.

Setiap versi Android diberi nama kode yang tersebut diambil dari nama makanan penutup atau permen, dimulai dari versi 1.5 yang tersebut disebut "Cupcake" kemudian dihadiri oleh berikutnya yaitu Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie, Android 10 (Quince Tart), Android 11 (Red Velvet Cake), Android 12 (Snow Cone), Android 13 (Tiramisu), lalu yang mana terbaru Android 14 (Upside Down Cake).

Salah satu keunggulan utama Android adalah sifatnya yang open-source, yang dimaksud memungkinkan produsen perangkat keras untuk menyesuaikan sistem operasi agar sesuai dengan permintaan mereka. Hal ini juga memberikan kebebasan bagi pengembang program yang dimaksud lebih besar besar pada menciptakan perangkat lunak yang dapat digunakan di dalam beragam perangkat.

Pada tahun 2010, Android berubah menjadi sistem operasi smartphone paling populer dalam Amerika Serikat juga sejak itu dominasinya terus meningkat. Berbagai produsen seperti Samsung, Huawei, Xiaomi, juga sejumlah lainnya menggunakan Android sebagai sistem operasi utama mereka.

Google Play Store, toko aplikasi mobile resmi untuk perangkat Android, juga memainkan peran penting di kesuksesan Android. Dengan jutaan program yang dimaksud tersedia, pengguna dapat menemukan bermacam perangkat lunak mulai dari produktivitas, hiburan, hingga game.

Selain smartphone juga tablet, Android juga digunakan pada beragam perangkat lain seperti Smartwatch (Android Wear, sekarang Wear OS), televisi (Android TV), dan juga mobil (Android Auto). Google terus berinovasi kemudian memperbarui Android dengan fitur-fitur baru juga peningkatan keamanan untuk menjaga relevansinya di bursa yang setiap saat berubah.

Android telah terjadi menyebabkan revolusi pada dunia teknologi mobile dan terus berubah jadi kekuatan dominan di dalam bursa global. Support dari para pengembang yang digunakan luas serta sistem ekologi perangkat yang dimaksud beragam memverifikasi Android akan terus relevan kemudian terus berprogres di masa yang tersebut akan datang.

Artikel ini disadur dari Sejarah berdirinya Android dan perkembangannya hingga kini

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *