Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Internasional

Menlu Retno lakukan kunjungan kehormatan untuk PM Malaya

12
×

Menlu Retno lakukan kunjungan kehormatan untuk PM Malaya

Share this article
Menlu Retno lakukan kunjungan kehormatan untuk PM Malaya
Example 468x60

Ibukota – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi melakukan kunjungan kehormatan terhadap Pertama Menteri Tanah Melayu Anwar Ibrahim di Kuala Lumpur, Rabu.

Dalam kunjungan tersebut, Menlu Retno menyampaikan salam hormat Presiden Joko Widodo untuk PM Anwar.

Example 300x600

“Saya jelaskan bahwa kunjungan kali ini, juga saya gunakan untuk mempersiapkan penghadapan tahunan antara pemimpin kedua negara tahun ini, serta Tanah Air akan berubah jadi tuan rumah,” kata Retno pada transkrip informasi persnya yang tersebut disampaikan Kemlu RI.

Selain itu, ia juga menyampaikan informasi terbaru terhadap PM Anwar tentang kemajuan perundingan batas darat antara Negara Indonesia dan juga Malaya dengan selesainya perundingan dua segmen darat, yaitu di Pulau Sebatik serta Sinapad-Sesai.

Langkah selanjutnya, kedua belah pihak akan menuangkannya di nota kesepahaman (MoU).

Masih terkait dengan batas darat, khususnya ke segmen West Pillar ke AA-2 di Pulau Sebatik, Retno memaparkan bahwa tahapan teknis telah selesai lalu mencapai tahap akhir.

Langkah selanjutnya, pihak Nusantara lalu Negara Malaysia akan menyiapkan field plan yang akan digunakan sebagai lampiran MOU.

Menlu Retno berharap proses-proses terkait perundingan perbatasan darat Indonesia-Malaysia dapat diselesaikan mendekati pertandingan para pemimpin kedua negara tahun ini.

“Sementara untuk perundingan batas maritim, diperlukan komitmen yang dimaksud lebih banyak kuat agar perundingan dapat memperoleh hasil yang digunakan baik juga saling menguntungkan kedua belah pihak,” tuturnya.

Dengan PM Anwar, Retno juga mengeksplorasi perkembangan situasi ke Jalur Gaza.

“Indonesia lalu Tanah Melayu miliki tempat yang sama, di membela keadilan juga kemanusiaan bagi bangsa Palestina,” kata Retno.

Sebelumnya, PM Anwar mengutarakan Malaya bersedia bekerja mirip dengan Indonesi satu di antaranya mengirimkan pasukan perdamaian bersatu ke Gaza, Palestina, jikalau diamanatkan oleh PBB.

“Menyinggung situasi kemanusiaan dalam Palestina, saya ingin menginformasikan kesediaan Tanah Melayu untuk bekerja sama, termasuk di aspek penempatan pasukan penjaga perdamaian bersatu Nusantara jikalau diamanatkan oleh PBB,” kata Anwar dalam akun media sosialnya yang tersebut diakses di Kuala Lumpur, Senin.

Kesediaan itu ia komunikasikan pada perbincangan dengan Menteri Keamanan RI yang dimaksud sekaligus Presiden Terpilih RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto, melalui sambungan telepon.

 

Artikel ini disadur dari Menlu Retno lakukan kunjungan kehormatan kepada PM Malaysia

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *