Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Internasional

Menlu pastikan garis batas RI-Malaysia pada Kaltara disepakati

18
×

Menlu pastikan garis batas RI-Malaysia pada Kaltara disepakati

Share this article
Menlu pastikan garis batas RI-Malaysia pada Kaltara disepakati
Example 468x60

Ibukota – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan konfirmasi persoalan garis perbatasan Indonesia-Malaysia pada Kalimantan Utara sudah ada selesai menyusul tercapainya kesepakatan yang digunakan akan dapat segera dituangkan pada nota kesepahaman (MoU) formal.

Dalam perjumpaan dengan Menteri Luar Negeri Negara Malaysia Mohamad bin Hasan dalam Kuala Lumpur, Rabu, Retno menyatakan bahwa negosiasi dua segmen perbatasan darat, yaitu di Pulau Sebatik kemudian garis Sinapad-Sesai ke Pulau Kalimantan, telah terjadi selesai lalu siap disahkan melalui MoU.

Example 300x600

“Terkait dengan batas darat pula, khususnya pada segmen West Pillar ke AA-2 (di Pulau Sebatik), serangkaian teknis telah mencapai tahap akhir,” ucap Retno di pernyataan persnya.

Dengan demikian, garis batas yang membagi Pulau Sebatik berubah menjadi bagian Indonesi di Provinsi Kaltara dan juga Negara Malaysia pada negara bagian Sabah dapat segera ditetapkan.

“Langkah selanjutnya, kedua pihak akan menyiapkan field plan yang tersebut akan digunakan sebagai lampiran MoU,” kata Retno, menambahkan terkait segmen perbatasan darat West Pillar ke AA-2.

Sementara pada segmen perbatasan laut, ia menyatakan bahwa negosiasi masih dilanjutkan untuk kawasan intertidal dan juga gap area pada Laut Sulawesi.

Dia mengharapkan ada komitmen yang tersebut lebih tinggi kuat dari kedua belah pihak di perundingan batas maritim untuk memperoleh hasil yang tersebut baik serta saling menguntungkan.

Menlu RI juga berharap supaya proses-proses yang disebutkan dapat selesai mendekati reuni tahunan antara pemimpin Nusantara dan juga Malaya tahun ini.

Sementara itu, Retno menyatakan bahwa di pertemuannya bersatu Menlu Malaysia, pihaknya menyoroti pentingnya kedua negara untuk konsentris mematuhi MoU bilateral mengenai pedoman umum penanganan nelayan oleh otoritas maritim kedua negara yang mana disepakati pada 2012.

“Hal yang disebutkan adalah guna menjamin keselamatan para nelayan pada wilayah yang tersebut belum ditetapkan batas maritimnya,” kata dia.

Selain persoalan tapal batas, Retno juga menyoroti kerja mirip penanganan TPPO, persoalan Myanmar, juga dukungan terhadap Palestina di kunjungan kerjanya ke Malaysia.

Menlu juga menegaskan dukungan Indonesi terhadap keketuaan Malaya di ASEAN tahun depan.

Artikel ini disadur dari Menlu pastikan garis batas RI-Malaysia di Kaltara disepakati

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *