Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

LSI Peluncuran Top of Mind pemilihan kepala daerah Jateng 2024: Ahmad Luthfi, Kaesang, Bambang Pacul dalam Urutan Berapa?

12
×

LSI Peluncuran Top of Mind pemilihan kepala daerah Jateng 2024: Ahmad Luthfi, Kaesang, Bambang Pacul dalam Urutan Berapa?

Share this article
Example 468x60

Jakarta – Lembaga Survei Tanah Air (LSI) merilis hasil sigi terbaru di pemilihan kepala daerah Jateng 2024. Menurut Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, sebanyak-banyaknya 78,7 responden menyatakan belum menentukan pilihan untuk pemilihan gubernur Jateng 2024, tetapi 21,3 persen sisanya sudah ada mempunyai beberapa calon pilihannya.

“Di antara sedikit yang punya pilihan itu, 5,2 persen kurang lebih lanjut memilih Ahmad Luthfi; sesudah itu 2,5 persen Kaesang Pangarep; 2,1 persen Sudaryono; 1,8 persen Bambang Pacul,” kata Djayadi, pada 30 Juni 2024.

Example 300x600

Lebih lanjut, Djayadi mengungkapkan, ada juga 1,7 persen yang dimaksud memilih Dico Ganinduto lalu 1,5 persen memilih Taj Yasin Maimoen.

Adapun, profil dari 5 besar nama berdasarkan LSI untuk berkontestasi di pemilihan kepala daerah Jateng 2024, mulai dari Ahmad Luthfi sampai Dico Ganinduto sebagai berikut.

Ahmad Luthfi

Ahmad Luthfi lahir pada 22 November 1966. Perwira besar polisi ini merupakan lulusan Sepa Milsuk Polri pada 1989 yang digunakan berpengalaman pada bidang Intelijen Keamanan. Selain itu, ia juga menempuh sekolah kepolisian lain, yaitu Selapa Polri, Sespim Polri, kemudian Lemhanas PPRA. Saat berkarier, ia menduduki beberapa jabatan strategis, seperti Wadir Intelkam Polda Jateng (2010), Kapolresta Surakarta (2015), dan juga Wakapolda Jateng (2018). Lalu, pada 2020, ia diangkat berubah menjadi Kapolda Jateng. 

Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep lahir pada 25 September 1994, dalam Surakarta. Dikutip Linkedin miliknya, anak Jokowi ini pernah menempuh lembaga pendidikan pada Anglo Chinese School International (2012-2014) serta Singapore University of Social Science (2015-2019). Sebelum terjun pada politik, ia menggeluti globus usaha dengan meluncurkan beberapa produk-produk di bervariasi bidang, seperti Sang Pisang, Yang Ayam, Ternakopi, Sang Javas, dan juga Enigma Camp. Selain itu, ia juga menjadi Komisaris RANS Entertainment lalu Direktur Utama PT Persis Solo Saestu. Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua Umum PSI. 

Sudaryono

Mengacu laman pribadinya, Sudaryono menempuh institusi belajar di National Defense Academy of Japan, Swiss German University, kemudian IPB. Saat ini, ia adalah pelaku bisnis kemudian tokoh urusan politik Tanah Air yang digunakan menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, direktur utama Garuda TV, Ketua Umum DPP APPSI, serta Ketua Dewan Pembina PAPERA. Ia juga pernah menduduki jabatan strategis lain pada politik, yaitu Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra pada 2020-2025. 

Bambang Pacul

Menurut dpr.go.id, pemilik nama asli Bambang Wuryanto ini lahir pada 17 Juli 1956 di dalam Sukoharjo. Ia merupakan lulusan dari UGM kemudian Prasetiya Mulya. Ia pernah berkarier sebagai Direktur Utama LPPM Prismagama, Purwakarta kemudian PT. Sarana Yasa Manunggal. Selain itu, ia juga pernah menduduki jabatan strategis lain di politik, yaitu Staf Ahli Wakil Ketua MPR Fraksi PDI Perjuangan, Ketua DPP PDI Perjuangan Area Tenaga lalu Pertambangan, Wakil Ketua Komisi I, lalu Badiklatpus DPP PDI Perjuangan.

Dico Ganinduto

Dilansir dicoganinduto, Dico Ganinduto lahir pada 19 Februari 1990 pada Jakarta. Ia merupakan lulusan Teknik Perminyakan, University of Tulsa. Selama kuliah, ia bergerak berubah menjadi Wakil Presiden PERMIAS Tulsa 2010 dan juga 2011. Karier pada dunia kebijakan pemerintah dimulai pada 2018 melalui Partai Golkar. Ia menduduki beberapa jabatan selama di dalam Golkar, yaitu Wakil Sekjen DPP Golkar, pengurus PP AMPG, serta Ketua Gema Partai Golkar. Lalu, pada 2021, ia dilantik sebagai Pimpinan Daerah Kendal. Saat ini, ia dikabarkan akan progresif pada pemilihan kepala daerah Jateng 2024.

RACHEL FARAHDIBA R  | SULTAN ABDURRAHMAN | AMY HEPPY | HENDRIK KHOIRUL MUHID

Artikel ini disadur dari LSI Rilis Top of Mind Pilkada Jateng 2024: Ahmad Luthfi, Kaesang, Bambang Pacul di Urutan Berapa?

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *