Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Libur sekolah, museum pada Ibukota bisa jadi jadi alternatif tujuan wisata

15
×

Libur sekolah, museum pada Ibukota bisa jadi jadi alternatif tujuan wisata

Share this article
Libur sekolah, museum pada Ibukota dapat jadi jadi alternatif tujuan wisata
Example 468x60

Ibukota Indonesia – Masih ada sisa sepekan waktu libur sekolah dalam Jakarta. Selain menghabiskan waktu libur berlibur ke tempat-tempat wisata, beberapa orang museum di dalam Ibukota dapat bermetamorfosis menjadi tujuan untuk mengisi waktu libur anak-anak.

Berikut sebagian museum yang tersebut bisa saja dikunjungi dengan keluarga:

Example 300x600

1. Museum Layang-Layang Indonesia

Museum ini bisa saja jadi tujuan wisata pecinta layang-layang. Berlokasi pada Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Ibukota Indonesia Selatan, museum ini merupakan museum layang-layang pertama di dalam Nusantara yang dimaksud diresmikan pada 2003.

Pengunjung meninjau koleksi layang-layang di Museum Layang-Layang Indonesia, Pondok Labu, Ibukota Selatan, Hari Sabtu (21/11/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Museum ini menyingkap setiap hari kecuali tanggal merah mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Dengan tiket masuk sebesar Rp25 ribu, pengunjung bisa saja mengawasi layang-layang dari penjuru Indonesi hingga bermacam negara.

2. Museum Wayang

Museum Wayang bisa jadi jadi salah satu destinasi yang mana dikunjungi keluarga di musim libur ini. Museum ini terletak pada kompleks Kawasan Wisata Perkotaan Tua Ibukota Indonesia dan juga membuka setiap Selasa-Minggu pukul 09.00-15.00 WIB.

Dalang Ki Kasmin Guno Prayitno memainkan wayang lapisan kulit Surakarta pada waktu pentas pada Museum Wayang, Jakarta, Mingguan (24/9/2023). Pagelaran dengan lakon Gathutkaca Wisuda yang dimaksud berubah menjadi yang tersebut terakhir pada tahun ini dikarenakan akan dilaksanakan perawatan pada Museum Wayang. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/pras)

Selain meninjau koleksi wayang Nusantara, ada koleksi boneka Si Unyil dan juga teman-teman hingga Si Manis Jembatan Ancol.

Harga tiket masuk Museum Wayang cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000 untuk anak-anak lalu pelajar, hingga Rp15.000 untuk dewasa khusus di akhir pekan.

3. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala menyimpan sejarah tentang perjuangan TNI dari 1945 sampai sekarang. Museum ini berisi koleksi peralatan konflik hingga tank, panser, jeep, helikopter, kapal, lalu beraneka jenis pesawat terbang.

Pesawat C-47 Dakota atau dikenal sebagai RI-001 Seulawah yang digunakan jadi salah satu koleksi dalam Museum Satria Mandala, Jakarta. (ANTARA FOTO/Instagram @museumsatriamandala)

Berlokasi pada Jl. Gatot Subroto Kav. 14, Jakarta, museum ini mengungkap Selasa-Minggu pukul 08.00-14.30 Waktu Indonesia Barat dengan tiket masuk hanya sekali Rp5.000 per orang.

Walaupun museum semata-mata menerbitkan sampai siang, ke halaman museum, terdapat cafe yang mana membuka hingga di malam hari juga menyediakan properti ala piknik ke taman seperti tikar serta keranjang piknik.

4. MoJA Museum

Museum of Ibukota atau MoJA Museum mampu dibilang jadi salah satu tempat hits di Jakarta. Terletak pada pada Stadion Gelora Bung Karno, yakni dalam Pintu Biro Zona 8 SUGBK, museum ini mengakses tiap hari dari pukul 11.00-19.30 WIB.

Pengunjung berfoto dalam salah satu instalasi karya seni pada MoJA Museum, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (11/8/2020). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras

Dengan tiket masuk mulai dari Rp125 ribu ke hari kerja serta Rp135 ribu ke akhir pekan, pengunjung mampu berfoto di dalam spot-spot ciamik beragam warna sambil bermain sepatu roda. Tersedia alat bantu bagi dia yang tersebut belum lancar berseluncur dengan sepatu roda.

5. Museum MACAN

The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau Museum MACAN adalah museum seni yang tersebut terletak di dalam Kebon Jeruk, Ibukota Indonesia Barat. Museum ini jadi yang tersebut pertama dalam Nusantara yang mana memiliki koleksi seni modern juga kontemporer Nusantara juga internasional.

Patung berjudul Kindred (2018) karya perupa Patricia Piccinini. ANTARA/HO-Museum MACAN

Museum MACAN mengungkap setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 Waktu Indonesia Barat mulai Rp50.000-Rp70.000 dalam hari kerja dan juga Rp70.000-Rp90.000 pada akhir pekan.

Sejak 23 Mei hingga 6 Oktober 2024, Museum MACAN menampilkan pameran tunggal dari perupa Australia ternama, Patricia Piccinini, yang mana diadakan untuk pertama kalinya pada Indonesia.

 

Artikel ini disadur dari Libur sekolah, museum di Jakarta bisa jadi alternatif tujuan wisata

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *