Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Ekonomi

Inilah 6 Cara Menutup Rekening Tabungan Bank, Syarat, juga Biaya bagi Nasabah

14
×

Inilah 6 Cara Menutup Rekening Tabungan Bank, Syarat, juga Biaya bagi Nasabah

Share this article
Inilah 6 Cara Menutup Rekening Tabungan Bank, Syarat, juga Biaya bagi Nasabah
Example 468x60

Penulis:

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Ikuti panduan untuk melakukan penutupan tabungan buku tabungan di bank. Ada beberapa prasyarat yang mana wajib dipenuhi oleh klien sebelum melakukan penutupan.

Example 300x600

Panduan cara juga persyaratan untuk melakukan penutupan account tabungan bank adalah informasi penting bagi setiap nasabah. Ada bervariasi alasan mengapa seseorang mungkin saja memutuskan untuk melakukan penutupan account banknya, baik itu lantaran inovasi permintaan finansial atau keinginan untuk beralih ke bank lain.

Proses penutupan akun bank melibatkan penghapusan akun dan juga data pelanggan dari sistem bank, salah satunya semua operasi yang mana terkait. Ini adalah juga membantu menyavoid biaya administrasi bulanan yang digunakan biasanya dikenakan pada akun yang tersebut masih aktif.

Setiap bank mungkin saja memiliki prosedur yang tersebut sedikit berbeda untuk menyembunyikan account tabungan, namun ada beberapa langkah umum yang biasanya diikuti.

Baca Juga:

Ilustrasi buku tabungan

Sebelum memulai rute ini, pastikan Anda siap dengan biaya penutupan yang digunakan mungkin saja dipotong segera dari keseimbangan account atau dibayar secara tunai.

Anda juga penting menghadirkan dokumen identifikasi yang digunakan sah, seperti KTP, paspor, atau SIM, untuk verifikasi identitas Anda. 

Biaya tutup account bank

Catat biaya tutup account tabungan bervariasi bank bergantung jenis rekening.

  • Biaya penutupan account bank BCA mulai Rp5.000-25.000.
  • Biaya penutupan tabungan bank BRI mulai Rp25.000-50.000.
  • Biaya penutupan account bank BNI mulai Rp10.000-50.000.
  • Biaya penutupan akun Bank Mandiri mulai Rp50.000.
  • Biaya penutupan account bank BSI mulai Rp20.000.

Simak beberapa tahapan kemudian cara tutup tabungan tabungan bank yang digunakan dapat disesuaikan kebijakan masing-masing bank.

Baca Juga:

Cara tutup rekening tabungan bank

Untuk menghentikan account tabungan dengan benar, Anda biasanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Periksa sisa rekening

Pertama-tama, pengguna harus memastikan tidak ada jumlah yang tersebut tersisa di account tabungan. Jika ada, pindahkan atau tarik dana yang disebutkan sesuai dengan kebijakan bank.

2. Kunjungi cabang bank terdekat

Anda dapat menghubungi layanan pengguna bank melalui telepon, email, atau kunjungi cabang bank untuk menginformasikan keinginan untuk menghentikan account tabungan. Nasabah wajib memberikan informasi pribadi untuk tahapan verifikasi identitas, seperti nomor rekening, nama lengkap, alamat, juga data pribadi lainnya.

3. Ajukan permohonan tertulis

Beberapa bank meminta-minta untuk mengajukan permohonan tertoreh untuk melakukan penutupan akun tabungan. Jika demikian, pastikan untuk mengisi formulir yang dimaksud sesuai dengan petunjuk yang mana diberikan.

4. Identifikasi diri

Saat menghubungi bank atau mengunjungi cabang, pelanggan diminta untuk mengakibatkan dokumen identifikasi diri, seperti kartu identitas, paspor, atau SIM. Hal ini diperlukan untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik rekening.

5. Tutup tabungan secara resmi

Setelah verifikasi identitas selesai, bank akan memproses permintaan penutupan account Anda. Pihak bank memberikan formulir atau konfirmasi ditulis yang tersebut menegaskan penutupan tabungan tersebut.

6. Periksa biaya penutupan

Beberapa bank juga menerapkan biaya penutupan rekening. Pastikan untuk memeriksa kebijakan bank terkait biaya penutupan sebelumnya.

Selain langkah-langkah di dalam atas, ada beberapa hal yang tersebut penting Anda perhatikan:

  • Pastikan untuk membatalkan atau mengalihkan segala bentuk otomatisasi atau pembayaran otomatis yang mana terhubung dengan tabungan tersebut, seperti transaksi otomatis atau pembayaran tagihan.
  • Apabila klien mempunyai kartu debit terkait dengan tabungan tersebut, pastikan untuk memotong atau menghancurkannya setelahnya akun ditutup.
  • Jika Anda memiliki pinjaman atau kredit yang tersebut terhubung dengan tabungan tersebut, pastikan untuk mengetahui bagaimana pembayaran akan direalisasikan pasca penutupan rekening.

Demikian informasi terkait langkah dan cara menutup akun tabungan bank, biaya, serta asal bagi nasabah.

Selanjutnya:

Menarik Dibaca:

Cek Berita juga Artikel yang digunakan lain pada



Artikel ini disadur dari Inilah 6 Cara Menutup Rekening Tabungan Bank, Syarat, dan Biaya bagi Nasabah

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *