Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

3 Pemuda Suku Anak Dalam Jambi Jadi Polisi, Ingin Majukan Warga Rimba

14
×

3 Pemuda Suku Anak Dalam Jambi Jadi Polisi, Ingin Majukan Warga Rimba

Share this article
3 Pemuda Suku Anak Dalam Jambi Jadi Polisi, Ingin Majukan Warga Rimba
Example 468x60

Jakarta

Brigadir Dua (Bripda) Seri Santoso, Perbal Tampung serta Jeni Adi Saputra merupakan anggota Bintara Polri yang berasal dari Suku Anak Dalam (SAD) Jambi. Ketiganya dikenal sebagai polisi rimba yang tersebut berada di dalam Satuan Pembinaan Komunitas (Satbinmas).

Example 300x600

“Kebanggaan bagi saya berubah menjadi sebagian dari keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia, ke mana dulu keberadaan kami Suku Anak Dalam tidaklah terlalu diperhatikan,” kata Seri di keterang SSDM Polri, Selasa (25/6/2024).

Ketiga warga Anak Suku Dalam ini dilantik bermetamorfosis menjadi polisi pada 22 Desember 2021. Bripda Seri pada saat ini berdinas dalam Polsek Pelepat wilayah hukum Polres Muaro Bungo. Sementara Bripda Perbal berdinas ke Polres Sarolangun serta Bripda Jeni di Polres Merangin.

“Seorang bhabinkamtibmas datang ke tempat kami serta mensosialisasikan tentang perekrutan anggota Polri. Tidak semata-mata itu, Pak Bhabin yang disebutkan juga mengakibatkan sesuatu untuk kami. Sejak ketika itu saya menemukan sosok kebaikan pada individu polisi. Dan saya pun bercita-cita ingin seperti Pak Bahbin tersebut,” cerita Bripda Seri tentang awal mula dirinya ingin menjadi polisi.

Sementara itu Bripda Perbal mengaku kesehariannya sebagai polisi di pedalaman hutan tak sekadar menyimpan keamanan juga ketertiban warga (kamtibmas). Tetapi juga mengajarkan bocah-bocah Suku Anak Dalam tentang institusi belajar dasar, selayaknya pelajaran pada sekolah.

ADVERTISEMENT

“Selain seseorang polisi, saya juga guru bagi adik-adik yang ada ke pedalaman hutan rimba. Saya berharap dengan saya mengajar, adik-adik saya juga termotivasi untuk bisa saja jadi tambahan pintar pada menyadari peradaban globus luar,” ucap Bripda Perbal.

Pada kesempatan terpisah, Bripda Jeni Adi mengemukakan selama masa lembaga pendidikan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi hingga masa kedinasan ketika ini ia belajar mengenai jiwa sosial tinggi juga profesional. Dia pun diamanahkan oleh Polda Jambi untuk bermetamorfosis menjadi penyambung lidah Suku Anak Dalam ke kepolisian.

Polisi RimbaPolisi Rimba Foto: Brigadir Dua (Bripda) Perbal Tampung (kiri), Bripda Jeni Adi Saputra (tengah) dan juga Bripda Seri Santoso (kanan). (dok istimewa)

“Selain melindungi kamtibmas, saya kemudian kedua rekan saya setiap saat diamanahkan oleh Polda Jambi untuk memberikan bantuan pangan juga ramuan bagi Suku Anak Dalam yang mana ada di Provinsi Jambi,” ungkap Jeni Adi.

Tidak semata-mata pangan juga obat-obatan, Polda Jambi memperhatikan institusi belajar suku anak pada dengan bantuan alat tulis, buku pengetahuan umum juga juga pengetahuan langkah-langkah penanganan hukum bagi yang mana terlibat kesulitan hukum,” sambung dia.

Selain Seri, Perbal juga Jeni, Polda Jambi merekrut satu perempuan muda dari Suku Anak Dalam, yakni Nia Kurnia. Saat ini Nia Kurnia sedang menjalani institusi belajar ke Sepolwan Lemdiklat Polri.

Dan teranyar, pribadi pemuda dari Suku Anak Dalam yakni Yuda Pranata sedang mengikuti penerimaan Bintara Polri jalur rekrutmen proaktif Tahun Anggaran 2024. Yuda berasal darI Kota Muaro Jambi.

(aud/fjp)

Artikel ini disadur dari 3 Pemuda Suku Anak Dalam Jambi Jadi Polisi, Ingin Majukan Warga Rimba

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *