Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Teknologi

otoritas pastikan serangan siber PDNS tidak ada pengaruhi PDN

16
×

otoritas pastikan serangan siber PDNS tidak ada pengaruhi PDN

Share this article
otoritas pastikan serangan siber PDNS tak ada pengaruhi PDN
Example 468x60

Ibukota Indonesia – Wakil Menteri Komunikasi kemudian Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria menegaskan bahwa Pusat Informasi Nasional (PDN) yang digunakan pada waktu ini berada dalam dibangun di dalam Cikarang, Jawa Barat, tidaklah terpengaruh dengan adanya serangan siber yang digunakan menyerang Pusat Angka Nasional Sementara (PDNS) 2 pada Surabaya.

"Tidak ada dampak, PDN terus berjalan pembangunannya, ini kan PDNS. Tapi ini jadi lesson learn buat kita, kita akan evaluasi security system juga segala macamnya," kata Nezar di dalam Jakarta, Senin.

Example 300x600

Hal itu juga diperkuat dengan pernyataan Kepala Badan Siber lalu Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian yang tersebut melakukan konfirmasi bahwa PDN yang digunakan pada waktu ini dibangun oleh eksekutif tidak ada memiliki hubungan dengan gangguan jiwa PDNS 2 yang digunakan mengalami serangan siber ransomware Brain Cipher.

Hinsa menyebutkan PDN ke CIkarang tak terdampak akibat pada dasarnya PDN yang dimaksud masih belum dioperasikan serta pembangunannya belum selesai.

Meski demikian tindakan hukum serangan siber yang tersebut dialami pada PDNS 2 akan dijadikan pembelajaran untuk pengelolaan pusat data juga para pemilik data di Indonesi mengingat serangan siber ini merupakan varian terbaru dari Lockbit 3.0 yang mana baru muncul baru-baru ini.

"Ini penting diketahui sebagai cara untuk mengantisipasi hal mirip di tempat-tempat lain serta kami sanggup komunikasikan ke instansi juga tempat-tempat lain. ini juga sekaligus jadi lesson learn bagi kita memitigasi kemungkinan bisa jadi terjadi. ini pentingnya. Ini adalah sedang berproses serta kita sudah ada mengetahui jenis serangan ini," kata Hinsa.

Adapun hingga Selasa (6/2/2024), diketahui PDN CIkarang telah lama mencapai tiga progres. Progres yang mana pertama ialah penyediaan komponen yang digunakan disediakan baik dari pada negeri maupun luar negeri ketika ini sudah ada mencapai 29,43 persen.

Lalu untuk serangkaian perancangan desain, ketika ini sudah ada mencapai 73,53 persen. Terakhir untuk jasa instalasi pada waktu ini telah mencapai progres 33,15 persen.

PDN Cikarang didirikan dengan skema G-to-G financing, dengan bantuan dari pemerintahan Prancis dengan pendanaan sebesar 164.679.680 Euro atau setara Rp2,7 triliun.

Rencananya PDN Cikarang, Jawa Barat disiapkan rampung pada perayaan hari kemerdekaan Tanah Air pada 17 Agustus 2024 lalu akan segera diresmikan dengan segera oleh Presiden Joko Widodo.

Artikel ini disadur dari Pemerintah pastikan serangan siber PDNS tidak pengaruhi PDN

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *